Tutorial

Tutorial Bagaimana Penggunaan E-Accounting

ECC_workflow

Modul yang disediakan oleh E-accounting adalah sebagai berikut:

  1. Purchase (Pembelian)
  2. Penjualan (Sales)
  3. Hutang (Account Payable)
  4. Piutang (Account Receivable)
  5. Persediaan (Inventory)

Pembelian dari supplier akan dicatat dalam fitur PEMBELIAN. Transaksi ini akan terhubung dengan sistem persediaan barang dan secara otomastis akan menambah jumlah stok dalam gudang, sekaligus akan mencatat timbulnya HUTANG pada supplier. Pada saat hutang jatuh tempo, maka dilakukan pembayaran melalui menu PAYMENT. Pembayaran ini dapat dilakukan secara penuh ataupun parsial. Dari sisi laporan, tersedia laporan pembelian, saldo hutang, aging hutang dan hutang jatuh tempo.

Penjualan dilakukan dengan mencatat penjualan ke customer. Transaksi ini terhubung dengan sistem persediaan barang dan secara otomastis akan mengurangi jumlah stok dalam gudang. Ada dua jenis penjualan yang dapat digunakan dalam aktifitas ini, yaitu PENJUALAN dan Point Of Sales. Transaksi penjualan jenis pertama (PENJUALAN) menggunakan invoice dan terhubung dengan sistem PIUTANG. Ketika membuat penjualan maka sekaligus akan menimbulkan piutang pada customer. Sedangkan penjualan jenis kedua (Point Of Sales) adalah tidak menimbulkan piutang pada customer karena sudah langsung dilakukan pembayaran ketika transaksi penjualan terjadi. Dari sisi laporan, tersedia laporan penjualan, rekap penjualan, detail laba-rugi, saldo piutang, aging piutang dan piutang jatuh tempo.

Untuk kepentingan penyesuaian persediaan, sistem menyediakan menu STOCK ADJUSTMENT. Sistem juga sudah mendukung untuk menggunakan banyak lokasi atau gudang sehingga antar gudang / lokasi dapat melakukan STOCK TRANSFER untuk melakukan pemidahan barang / stok. Laporan yang tersedia untuk sistem persediaan ini meliputi Saldo Stok, Mutasi Stok dan Kartu Stok.

MEMULAI BEKERJA DENGAN E-ACCOUNTING

Sebelum masuk ke kegiatan transaksi, maka diperlukan untuk menyiapkan data yang akan dipergunakan, yaitu Data Supplier, Data Barang, serta Data Pelanggan. Selengkapnya mengenai pengisian Data Supplier, Data Barang dan Data Pelanggan klik disini

Setelah kita memasukkan data Supplier, Barang serta Pelanggan maka kita siap melakukan transaksi yang ada di E-accounting. Secara garis besar modul transaksi yang disediakan terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu Pembelian, Penjualan, dan Gudang, dengan detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Aktifitas Pembelian
    1. Transaksi Pembelian
    2. Transaksi Retur Pembelian
    3. Transaksi Pembayaran Hutang
  2. Aktifitas Penjualan
    1. Transaksi Kasir
    2. Transaksi Penjualan
    3. Transaksi Retur Penjualan
    4. Transaksi Pembayaran Piutang
  3. Aktifitas Gudang
    1. Koreksi Stok
    2. Transfer Stok

Aktifitas Pembelian

Dengan mencatat segala Aktifitas Pembelian maka sistem akan bisa menunjukkan kemana saja uang perusahaan digunakan. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai Aktifitas Pembelian

Aktifitas Penjualan

Aktifitas Penjualan digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan customer atau pelanggan. Dari kegiatan di Aktifitas Penjualan maka perusahaan akan dapat mengetahui dari mana saja uang masuk serta posisi piutang pelanggan atau customer. Berikut selengkapnya mengenai Aktifitas Penjualan

Aktifitas Gudang

Kegiatan yang berhubungan dengan persediaan barang. Antara barang fisik dengan barang yang dicatatan harus sama. .Berikut selengkapnya mengenai Aktifitas Gudang

Laporan

Setelah semua data transaksi dimasukkan, maka berikutnya adalah tentang laporan atau reporting. Laporan yang disediakan di e-accouting adalah sebagai berikut ini:

  1. Laporan Pembelian
  2. Laporan Penjualan
  3. Laporan Stok
  4. Laporan Akuntansi

Untuk panduan selengkapnya mengenai laporan, klik disini

Jurnal

Catatan akuntansi permanen yang pertama (book of original entry), digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan. Untuk menggunakan fitur jurnal pada e-accounting, pilih dan klik aktifitas transaksi -> jurnal. klik disini

Info Billing

Info Billing adalah keterangan mengenai client dan user. Untuk menggunakan fitur Info Billing pada e-accounting, pilih dan klik Info billing pada menu sebelah kiri. klik disini

Pengaturan

Untuk menggunakan fitur Pengaturn pada e-accounting, pilih dan klik Pengaturan pada menu sebelah kiri. klik disini