FAQs

Frequently Ask Question

e-accounting adalah software akuntansi yang berbasis web yang didesain untuk perusahaan dagang berskala kecil atau menengah. e-accounting merupakan software akuntansi yang mudah, aman dan dan mendukung operasional harian perusahaan, dan dapat diakses dari manapun dan kapanpun.

Ada 2 tipe package yang disediakan dalam e-accounting, yaitu

Package Premium

Perusahaan retail / toko yang sudah berkembang yang tidak hanya melayani transaksi tunai maka diperlukan sistem yang bisa mengakomodir transaksi non tunai baik yang berhubungan  dengan supplier atau customer.

Package Premium menawarkan fitur-fitur yang mengakomodasi hal tersebut.  Mulai dari pembelian / penjualan secara kredit/non tunai hingga pembayaran hutang / piutang sehingga laporan hutang dan piutang dapat disajikan.

Hutang jatuh tempo ataupun Piutang Jatuh Tempo termonitor dengan baik dalam package ini.

Contoh bidang usaha : Minimarket, Bengkel, Distributor, Apotik

Package Ultimate

Selain hutang / piutang yang harus dimonitor dengan baik, pada akhirnya harus dicatat juga  penerimaan atau biaya yang ditimbulkan oleh kegiatan operasional perusahaan.

Package Ultimate menyediakan semua fitur yang ada dipackage Premium ditambah dengan adanya penggunaan perkiraan-perkiraan akuntasi dan akhirnya laporan keuangan akuntasi seperti neraca, laba/rugi bersih, buku besar dapat tersaji. Contoh bidang usaha : Distributor, Apotik.

Untuk bisa berlangganan e-accounting yang perlu anda siapakan adalah seperangkat komputer atau laptop yg mempunyai spefisikasi minimal dengan processor DualCore 2.20GHz dan RAM 2GB. Dan satu lagi adalah koneksi internet dengan kecepatan minimal adalah 512 Kbps.

e-accounting menyediakan tutorial baik secara tulisan ataupun video yang dapat anda akses di www.e-accounting.id klik pada menu Tutorial. Selain itu e-accounting juga meyediakan forum dimana, user dapat mengirimkan ticket untuk bertanya tentang bagaimana bekerja dengan menggunakan e-accounting, dan nanti akan dijawab dengan team support e-accounting. Selain itu diforum tersebut user juga dapat melihat ticket-ticket lain yang disubmit oleh user e-accouting yang lain, sehingga bila ada kasus yang sama yang akan ditanyakan bisa langsung melihat solusi yang sudah diberikan oleh team support e-accouting.

Setiap orang yang mengakses e-accouting memiliki user_name dan password yang berbeda. Hal ini untuk memastikan bahwa hanya user yang teregistrasi dalam sistem e-accouting yang dapat masuk dan mengakses datanya. Dan setiap user akan hanya dapat mengakses data ataupun fitur yang menjadi hak aksesnya, jadi orang lain yang usernya berbeda atau tidak terdaftar dalam paket yang sama tidak bisa melihat data user yang lain.

Untuk menambah user, anda tinggal membeli lisensi penambahan user yang ada dimenu payment.

Bisa, akses pada menu payment, dan pilih pilihan paket upgrade/downgrade.

Dalam e-accouting mempunyai satu fitur yang unik yaitu auto-adjustment. Bila fitur ini aktif, maka setelah data item yang inventory dimasukkan, maka user sudah dapat langsung memasukkan item untuk penjualan di menu Penjualan, tanpa memasukkan stok terlebih dahulu. Sedangkan untuk item jasa bisa langsung dimasukkan ke menu penjualan.

Apabila ada pesan stok tidak mencukupi, lakukan penecekan pada saldo stok barang tersebut, bisa dilihat di menu Products & Service -> kolom Quantity. Apabila Quantity yang ada disitu lebih kecil dari yang akan dijual maka lakukan penambahan stok terlebih dahulu melalui pembelian atau koreksi stok.

Lakukan pengecekan saldo stok melalui menu Laporan Stok -> Kartu Stok. Perhatikan riwayat transaksi yang ada untuk barang yang bersangkutan. Disitu ditampilkan saldo akhir setelah ada transaksi. Pastikan pada tanggal dan jam transaksi baru yang akan dientrykan, terdapat stok yang bisa dijual.

Pesan ini akan anda dapatkan ketika koneksi internet ada terganggu, pastikan koneksi internet anda tidak mengalami gangguan.

Ketika info ini anda dapatkan pada saat anda melakukan transaksi, pastikan menekan tombol Enter pada saat setelah mengisikan data pada kolom transaksi. Dan jika tida teratasi maka capture layar transaksi anda dan masukkan ke sistem ticket e-accounting.

Misalkan anda membutuhkan fitur khusus yang tidak tersedia di paket-paket yang sudah disediakan e-accounting, kirimkan permintaan ada ke sistem Ticket e-accounting untuk kami review. Team support akan mengabari anda melalui email tentang permintaan khusus tersebut.

Bisa, langkah pertama adalah membatalkan paket langganan anda pada menu Payment, dan kemudian melakukan pembelian paket lisensi yang baru.

Bisa, untuk setiap data Supplier, Product & Service dan Customer dapat diupload dari file excel / csv. Formatnya dapat didownload pada menu yang bersangkutan.

Semua data yang sudah anda masukkan dapat anda download dalam format excel. Sedangkan untuk data transaksi dapat anda download melalui menu laporan.